Friday, February 26, 2010

PLAAAKKKKK...!!!


Ini adalah tamparan penuh cinta dari sobat gw di kelas:

"
sidang diundur 2 minggu.... seharusnya bisa jadi kesempatan besar buat ngelengkapin data2. inget umur udah mulai tua, jangan kelamaan di kampus. udah ga zaman lg nunda2 kelulusan.... jadi, kesampingkan facebook, kesampingkan twitter, kesampingkan jazz2an (bisa ntar2 itu mah, pas lo udah punya penghasilan ndiri, mo nonton jazz ampe mencret jg ga msalah).... dan satu lg, jangan terlalu banyak mengeluh ini itu... ga bakal maju lo nya kalo pengen semuanya serba enak, serba sesuai kehendak lo.... :)"



Nangis bombay gw bacanya...
Masih ada [dan BANYAKKK] ternyata yg peduli ama gw...
Huhuhuuu... Makasih banyaaaaakkk, Pauuuul...
I owe you my graduation!
T_T

Monday, February 22, 2010

"Pecha Kucha" Perdana... :D



Malem Minggu kemaren [20 Feb 2010],
gw diajak Riried ke "Pecha Kucha".
Trus gw ngajak temen2 laennya.
Ternyata yg bisa ikutan cuma Paul & Ino.

Pecha Kucha Nite adalah event di mana
para desainer dan arsitek mempresentasikan ide, konsep,
proyek yg sedang dikerjakan, ato apa pun yang inspiratif & inovatif, ke hadapan audiens.
Tiap presenter HANYA diberi waktu selama 20 detik dgn 20 slide presentasi.
Siapa pun boleh dateng sebagai audiens [harga tiket: 20ribu].
Event ini diadakan pertama kali di Jepang.

Ternyata kemaren itu adalah edisi spesial!
Dan itu adalah Pecha Kucha perdana gw...
Hehehee...

Dalam rangka fundraising utk korban gempa Haiti,
sekaligus memperingati ulang tahun Pecha Kucha Nite pertama di Jepang,
maka malem itu Pecha Kucha diadakan secara serempak di seluruh dunia!!
Dipandu oleh moderator di Tokyo, secara bergiliran ditayangkan live streaming dari setiap lokasi Pecha Kucha. Termasuk yg malem itu diadakan di Jakarta & Bandung.
Khusus kali ini, audiens yg dateng nggak perlu bayar tiket masuk! ;)

Secara tema-nya adalah gempa Haiti,
malem itu para presenter yg terdiri atas praktisi desain & arsitek [termasuk mahasiswa],
memaparkan berbagai ide, konsep, dan proyek2 mereka yg terkait dgn gempa.
[Kebetulan, Indonesia termasuk negara rawan gempa]

Beberapa topik yg dipresentasikan adalah:
-Restrukturisasi tata letak cluster lahan pasca gempa+tsunami Aceh,
-Relokasi hunian penduduk pasca gempa Tasikmalaya,
-Mental recovery bagi anak2 korban gempa Sumatra Barat,
-Desain hunian bagi penduduk korban gempa Yogyakarta,
-Konsep hunian di daerah Pagarsih yg padat penduduk dgn menggunakan material bekas,
-Inovasi penggunaan material yg sustainable & ramah lingkungan utk bangunan tahan gempa.






Keren abissssss menurut gw.
Kelelahan kami pun terbayar.
Yeahhh... kami sempet nyasar!!
Kar'na lokasinya cukup terpencil,
dan Riried mengalami disorientasi arah!
Hahahaa...

Acara kmaren itu diadain di halaman kantornya Pak Dedi.
Bliau dosen kami di jurusan Desain Produk.
Tapi kantornya bergerak di bidang arsitektur!
Namanya "Labo de Mori",
yg berarti: The Laboratory of Art.
Lokasinya di daerah sekitar Dago Tea House...
[Jln. Bukit Dago Utara something, lah]

Nah, Riried biasanya ke situ naek motor.
Kmaren tuh kami naek angkot dan harus jalan kaki ke lokasi.
Akibat Riried lupa arah jalannya,
nyasarlah kami sampe ke Dago Tea House...
teruuuuuus, sampe keliatan bagian belakang Hotel Jayakarta!!

Edan, jauh gilaaakkkk!
Pas nemu persimpangan, kami bahkan sampe berpencar!!
Riried sama Ino, gw sama Paul.
Hahahahaa... macem cerita detektif!

Kar'na sama2 nggak nemu lokasinya,
kami pun balik ke persimpangan.
Di depan salah satu rumah deket persimpangan itu, ada tukang sekoteng.
Pas nyium aroma sekoteng yg wangi & hangat,
kami memutuskan utk beli dulu... Hehehe...

Di sinilah pengocokan perut dimulai...

Mendengar logat tukang sekoteng yg khas,
Paul langsung nanya asalnya.
Ternyata dari Cirebon!!
Kami pun ngakak...

Ino: "Waduhhh... Pantesan kayak familiar..."
[Ino adalah orang Cirebon! Hahahahaa...]

Riried: "Tuh, No... Silakan, lho... 'ira-ira', lho..."
[Di Cirebon: saya = kita, kamu = ira]

Paul: "Eh, lu tau nggak, nama orang Cirebon apalagi Indramayu kan aneh2, tauk!
Masa, nih... ada yg namanya Susan Cileto!! HAHAHAHAAA... Buset deh, makanan kale!"

Riried: Nyemburin sekoteng [part 1] akibat ngakak histeris.
Gw, Ino, dan tukang sekoteng juga ngakak!!

Paul: "Trus ada lagi nih ye, anak teknik... pas diabsen ama dosen namanya A Roger. Dosennya nanya A itu singkatan dari apa. Eh, kata tuh orang: 'Ya A aja, Pak! Nggak ada singkatannya!' BWAAHAAHAHAHAHAAA... Si dosen langsung bilang, 'Pasti kamu orang Indramayu, ya?', trus kata tuh anak, 'Iya, Pak!'...HAHAHAHAHAAA..."

Riried: Nyembur tahap 2, kali ini lebih dasyat lagi kami ngakaknya...

Paul: "Duuuh, sumpah deh! Orang Indramayu tuh aneh2 aja kalo ngasih nama! Ada yg Masro'ah, lah... segala Susan Cileto! HAHAHAHA... Nah, kalo mas-nya nih siapa namanya?"
[Paul emang suka sok akrab... tiap pengkolan temen, soalnya! Hahahahahaaa...]

Tukang sekoteng: "Mastuni..."

Paul: "Hah?? Namanya Tuni ato emang Mastuni??"

Tukang sekoteng: "Ya Mastuni. Digabung."

Paul: "Hahahaaa... Waduhhh, nama panjangnya siapa, Mas?"

Tukang sekoteng: "Ya Mastuni aja, nggak panjang2."

Kami pun kompak ngakak histeris ampe kayang! HAHAHAHAHAHAAA...
Kelar makan sekoteng, sebelom kami melanjutkan perjalanan nyari lokasi,
Paul sempet2nya nanya, "Mas, siapa lagi nama temennya yg aneh2?
Sebutin satuuuu aja, Mas!"

Belom juga jawab, si tukang sekoteng malah ngakak duluan!
HAHAHAHAHAHAAAAA... Kami makin kenceng ngakaknya...
Akhirnya tukang sekoteng jawab, "Ya ntar juga ketemu sendiri, Mas!"
Kata Paul, "Lhaaaahhh... Kapan lagi ketemunya coba! HAHAHAHAA...
Gimana, sih! Kagak mau ngasih tau, dia! HAHAHAHAHAHAHAHAAA..."

Sepanjang jalan, kami ngakak nggak brenti2...
mana jalannya nanjak, pula!
Untung Bandung lagi dingin... jadi asik deh!
Hehehe...

Sambil jalan, Paul cerita lagi,
"Oh iya, ada lagi nih anak STBA. Orang Indramayu juga. Nama aslinya Lilis Suryani! Pas kuliah di Bandung, udah mulai pergaulan gitu kan ye... Eh, dia ganti nama dongggg...!! Jadi siapa, coba? ALICIA, boooookkkk!!! HAHAHAHAHAHAHAHAHAA... Lilis jadi Alicia!!"

Kami ngakak histeris lagi, deh!
Ampe ngos2an gara2 jalannya nanjak.
Paul bilang, "Ya'elah ALICIA! Ada juga ALI-SIAHHHH!!! HAHAHAHAHAHAAA..."


Asik deh pokoknya malem Minggu kmaren!
Trims ya:
-Baridah Mutmainah a.k.a. Riried [Desain Interior ITB '06],
-Paul Wegas Onduko a.k.a. Paul [Desain Interior ITB '06],
-dan Zicco Hudyoro a.k.a. Ino [Desain Interior ITB '06]!

You guys are LOVEABLE!!!

*smooch*

Berburu "Barang" Baru! ;)



Mulai 17 sampe 23 Februari 2010,
ada Pesta Buku di Gedung Landmark Braga [Bandung].
Pastinya, ajang berburu ini nggak akan gw lewatkan.
So, gw ke sana hari Kamis 18 Februari.


Ternyata cukup mengecewakan.
Kar'na harga buku2nya masih mahal walopun udah di-diskon!! Sial...
Entah gw aja yg emang lagi bokek ato emang beneran mahal deh tuh buku...


However, after scanning the whole location for more than an hour to search some good books in good prices, I finally bought these books:


"Children's Letters to God"
Compiled by: Stuart Hample & Eric Marshall
Illustrated by: Tom Bloom
Workman Publishing, New York


"Graphic Design for Architects"
Malcolm Frost
The Images Publishing Group


"Semiotika Visual & Semantika Produk:
Pengantar Teori dan Praktek Penerapan Semiotika dalam Desain"
Editor: Susann Vihma & Seppo Väkevä
Penerbit Jalasutra


Kumpulan Resep: "Cream Soup Favorit a la Cafe"
Indriani
Gramedia Pustaka Utama


"Coklat: Sejarah, Efek Bagi Kesehatan Tubuh, dan Gaya Hidup"
Rayzan A.
Penerbit Ayyana


"Menjelajahi Bintang, Galaksi, dan Alam Semesta"
A. Gunawan Admiranto
Penerbit Kanisius


"Yesus Sang Anak Manusia"
Kahlil Gibran
Penerbit Jejak


Antologi Cerpen: "Numi"
Yetti A. KA
Penerbit Logung Pustaka


Antologi Cerpen: "Batu Merayu Rembulan"
Editor: Heri Latief & Saut Situmorang
Penerbit: Yayasan Damar Warga, Jakarta


"Jurnalisme Sastrawi: Antologi Liputan Mendalam dan Memikat"
Editor: Andreas Harsono & Budi Setiyono
Penerbit KPG


"Buku Pintar Tokoh Ternama [Edisi Kedua]"
H. Sihombing & K. Dwiyana
Penerbit Delapratasa


"Redefinisi Subjek dalam Kebudayaan:
Pengantar Memahami Subjektivitas Modern
Menurut Perspektif Slavoj Žižek"
Thomas Kristiatmo
Penerbit Jalasutra


"Skizoanalisis Deleuze+Guattari:
Sebuah Pengantar Genealogi Hasrat"
Agustinus Hartono
Penerbit Jalasutra


"Buddha: A Story of Enlightenment"
Deepak Chopra
HarperSanFransisco [a division of Harper Collins Publisher]


"Dua Khotbah dari Iman: Risalah Pertentangan"
Umberto Eco & Kardinal Martini
Penerbit Jalasutra


4 eksemplar majalah "SOAP"
1 eksemplar majalah "SURFACE: Style & Design"
1 eksemplar majalah "NYLON"


Total cuma sekitar 21-an buku.
Cuma setengah dari jumlah buku yg terakhir kali gw borong di event sejenis beberapa bulan lalu!
Hehehee... Akhirnya kali ini gw nggak sekalap sebelomnya...


Sebenernya gw SANGAT PENGEN beli autobiografi-nya Mahatma Gandhi...
[Gw sangat salut sama perjuangan-tanpa-kekerasan a la beliau]
Tapi setelah diskon pun, harganya masih 136 ribu!!
Huhuhuuu...


But... hey!
Didn't I say it took me more than an hour for scanning the good books in the location??
I usually need less than that!!
Apakah itu berarti gw mengalami kelelahan psikis?
Hmm... mungkin.


:'-\

Saturday, February 13, 2010

Tegak V.S. Loyo



Siapa bilang menegakkan benang basah adalah pekerjaan yg sia2?
Emang kalo benangnya nggak basah, bisa ditegakkin, ya??

Haha...
Malah mnurut gw, gampangan menegakkan benang yg basah!
Tau gmn caranya??
Gampang.
Asal tau triknya!

Tempelin aja tuh benang basah di atas papan!
Pasti bakal tegak deh tuh benang...
Hehehe...

**
Intinya:
Hal2 yg keknya di mata org laen ato bahkan di mata kita sndiri itu sia2 utk dilakukan,
sbnernya mungkin malah justru merupakan solusi yg paling brilian!!

Kita nggak prlu repot2 memikirkannya...
Karena ketika kita brhenti mikir lalu mulai brtindak secara spontan dan intuitif...
Saat itulah kreativitas kita keluar...
=D