Monday, February 22, 2010

"Pecha Kucha" Perdana... :D



Malem Minggu kemaren [20 Feb 2010],
gw diajak Riried ke "Pecha Kucha".
Trus gw ngajak temen2 laennya.
Ternyata yg bisa ikutan cuma Paul & Ino.

Pecha Kucha Nite adalah event di mana
para desainer dan arsitek mempresentasikan ide, konsep,
proyek yg sedang dikerjakan, ato apa pun yang inspiratif & inovatif, ke hadapan audiens.
Tiap presenter HANYA diberi waktu selama 20 detik dgn 20 slide presentasi.
Siapa pun boleh dateng sebagai audiens [harga tiket: 20ribu].
Event ini diadakan pertama kali di Jepang.

Ternyata kemaren itu adalah edisi spesial!
Dan itu adalah Pecha Kucha perdana gw...
Hehehee...

Dalam rangka fundraising utk korban gempa Haiti,
sekaligus memperingati ulang tahun Pecha Kucha Nite pertama di Jepang,
maka malem itu Pecha Kucha diadakan secara serempak di seluruh dunia!!
Dipandu oleh moderator di Tokyo, secara bergiliran ditayangkan live streaming dari setiap lokasi Pecha Kucha. Termasuk yg malem itu diadakan di Jakarta & Bandung.
Khusus kali ini, audiens yg dateng nggak perlu bayar tiket masuk! ;)

Secara tema-nya adalah gempa Haiti,
malem itu para presenter yg terdiri atas praktisi desain & arsitek [termasuk mahasiswa],
memaparkan berbagai ide, konsep, dan proyek2 mereka yg terkait dgn gempa.
[Kebetulan, Indonesia termasuk negara rawan gempa]

Beberapa topik yg dipresentasikan adalah:
-Restrukturisasi tata letak cluster lahan pasca gempa+tsunami Aceh,
-Relokasi hunian penduduk pasca gempa Tasikmalaya,
-Mental recovery bagi anak2 korban gempa Sumatra Barat,
-Desain hunian bagi penduduk korban gempa Yogyakarta,
-Konsep hunian di daerah Pagarsih yg padat penduduk dgn menggunakan material bekas,
-Inovasi penggunaan material yg sustainable & ramah lingkungan utk bangunan tahan gempa.






Keren abissssss menurut gw.
Kelelahan kami pun terbayar.
Yeahhh... kami sempet nyasar!!
Kar'na lokasinya cukup terpencil,
dan Riried mengalami disorientasi arah!
Hahahaa...

Acara kmaren itu diadain di halaman kantornya Pak Dedi.
Bliau dosen kami di jurusan Desain Produk.
Tapi kantornya bergerak di bidang arsitektur!
Namanya "Labo de Mori",
yg berarti: The Laboratory of Art.
Lokasinya di daerah sekitar Dago Tea House...
[Jln. Bukit Dago Utara something, lah]

Nah, Riried biasanya ke situ naek motor.
Kmaren tuh kami naek angkot dan harus jalan kaki ke lokasi.
Akibat Riried lupa arah jalannya,
nyasarlah kami sampe ke Dago Tea House...
teruuuuuus, sampe keliatan bagian belakang Hotel Jayakarta!!

Edan, jauh gilaaakkkk!
Pas nemu persimpangan, kami bahkan sampe berpencar!!
Riried sama Ino, gw sama Paul.
Hahahahaa... macem cerita detektif!

Kar'na sama2 nggak nemu lokasinya,
kami pun balik ke persimpangan.
Di depan salah satu rumah deket persimpangan itu, ada tukang sekoteng.
Pas nyium aroma sekoteng yg wangi & hangat,
kami memutuskan utk beli dulu... Hehehe...

Di sinilah pengocokan perut dimulai...

Mendengar logat tukang sekoteng yg khas,
Paul langsung nanya asalnya.
Ternyata dari Cirebon!!
Kami pun ngakak...

Ino: "Waduhhh... Pantesan kayak familiar..."
[Ino adalah orang Cirebon! Hahahahaa...]

Riried: "Tuh, No... Silakan, lho... 'ira-ira', lho..."
[Di Cirebon: saya = kita, kamu = ira]

Paul: "Eh, lu tau nggak, nama orang Cirebon apalagi Indramayu kan aneh2, tauk!
Masa, nih... ada yg namanya Susan Cileto!! HAHAHAHAAA... Buset deh, makanan kale!"

Riried: Nyemburin sekoteng [part 1] akibat ngakak histeris.
Gw, Ino, dan tukang sekoteng juga ngakak!!

Paul: "Trus ada lagi nih ye, anak teknik... pas diabsen ama dosen namanya A Roger. Dosennya nanya A itu singkatan dari apa. Eh, kata tuh orang: 'Ya A aja, Pak! Nggak ada singkatannya!' BWAAHAAHAHAHAHAAA... Si dosen langsung bilang, 'Pasti kamu orang Indramayu, ya?', trus kata tuh anak, 'Iya, Pak!'...HAHAHAHAHAAA..."

Riried: Nyembur tahap 2, kali ini lebih dasyat lagi kami ngakaknya...

Paul: "Duuuh, sumpah deh! Orang Indramayu tuh aneh2 aja kalo ngasih nama! Ada yg Masro'ah, lah... segala Susan Cileto! HAHAHAHA... Nah, kalo mas-nya nih siapa namanya?"
[Paul emang suka sok akrab... tiap pengkolan temen, soalnya! Hahahahahaaa...]

Tukang sekoteng: "Mastuni..."

Paul: "Hah?? Namanya Tuni ato emang Mastuni??"

Tukang sekoteng: "Ya Mastuni. Digabung."

Paul: "Hahahaaa... Waduhhh, nama panjangnya siapa, Mas?"

Tukang sekoteng: "Ya Mastuni aja, nggak panjang2."

Kami pun kompak ngakak histeris ampe kayang! HAHAHAHAHAHAAA...
Kelar makan sekoteng, sebelom kami melanjutkan perjalanan nyari lokasi,
Paul sempet2nya nanya, "Mas, siapa lagi nama temennya yg aneh2?
Sebutin satuuuu aja, Mas!"

Belom juga jawab, si tukang sekoteng malah ngakak duluan!
HAHAHAHAHAHAAAAA... Kami makin kenceng ngakaknya...
Akhirnya tukang sekoteng jawab, "Ya ntar juga ketemu sendiri, Mas!"
Kata Paul, "Lhaaaahhh... Kapan lagi ketemunya coba! HAHAHAHAA...
Gimana, sih! Kagak mau ngasih tau, dia! HAHAHAHAHAHAHAHAAA..."

Sepanjang jalan, kami ngakak nggak brenti2...
mana jalannya nanjak, pula!
Untung Bandung lagi dingin... jadi asik deh!
Hehehe...

Sambil jalan, Paul cerita lagi,
"Oh iya, ada lagi nih anak STBA. Orang Indramayu juga. Nama aslinya Lilis Suryani! Pas kuliah di Bandung, udah mulai pergaulan gitu kan ye... Eh, dia ganti nama dongggg...!! Jadi siapa, coba? ALICIA, boooookkkk!!! HAHAHAHAHAHAHAHAHAA... Lilis jadi Alicia!!"

Kami ngakak histeris lagi, deh!
Ampe ngos2an gara2 jalannya nanjak.
Paul bilang, "Ya'elah ALICIA! Ada juga ALI-SIAHHHH!!! HAHAHAHAHAHAAA..."


Asik deh pokoknya malem Minggu kmaren!
Trims ya:
-Baridah Mutmainah a.k.a. Riried [Desain Interior ITB '06],
-Paul Wegas Onduko a.k.a. Paul [Desain Interior ITB '06],
-dan Zicco Hudyoro a.k.a. Ino [Desain Interior ITB '06]!

You guys are LOVEABLE!!!

*smooch*

No comments:

Post a Comment