Tuesday, April 13, 2010

Tak Kenal, Maka Tak Sayang...

GANTENG!!


"Ini versi terbarunya. Sekitar 2008. Namanya: Liberty."

GILAAAAAA...
Sampe ban-nya beneran mencong2 nggak kontrol gitu tetep bandeeeeeeel...
>.<

Ini testimoni dan kutipan2 obrolan santai tentang si ganteng:

"cherokee dirancang semi sport, dgn kecepatan yg tinggi, akselerasi cepat, kemampuan towing, dan penumpang sedikit [sempit utk penumpang belakang]"


"cherokee lebih cepat dan kuat, pajero lebih nyaman dan luas...
tinggal pilih deh perlunya yang mana."


"cherokee tu nyaman banget, suspensi nya empuk gitu,
coba jalan 100km/j di tol, serasa 50km/jam.
polisi tidur serasa batu kecil, sama trap sebelum pintu tol serasa batu kerikil... hahahaha"


"padahal selama ini yang ada di benak saya tuh
cherokee bantingannya keras dan agak kurang nyaman...
ternyata kadang terlalu empuk rasanya...
kalo jalan belok2 spt di puncak terasa limbung.
tapi kalo jalan kriting, maknyuss... [pengalaman pake shock bilstein]"


"emang mobil2 amerika terkenal gak reliable apalagi jaman2nya cherokee,
tapi mereka punya power lebih besar dan biasanya suspensi yg lebih empuk.
Pajero jangan dibandingin sama cherokee karena kelasnya beda...
mungkin lebih cocok dengan grand cherokee."


"di indonesia, cherokee jadi mobil mahal mungkin karena kebentur pajak,
sebenernya di negara asalnya cherokee cuma "mobil rakyat" yg minim feature2 mewah.
tapi memang harus diakui cherokee punya tampang yg bold,
dengan kesan gagah dan macho...
mungkin itu yg gak bisa dikasi oleh pajero
yg kental dengan tampang asianya [manis]"


"kalo dipikir2, cherokee emang butuh mesin besar,
soalnya dia emang dirancang untuk all road,
penggeraknya 4x4 dan sepertinya berat tuh.
Dari bumper sampai mud guard-nya juga dari logam.
Kalo dikasi mesin standard; wah...."


"Hardtop jadul juga gitu, mesin besar [yg bensin I-6 silinder, 4250 cc]. Tapi torsi emang yahud....
Katanya temen saya yg jadi guide-driver yg biasanya antar turis ke bromo, di tengah tanjakan-tikungan curam [jalur tosari-penanjakan-bromo], si hardtop ni dari posisi berhenti sanggup towing/tarik mobil mogok dengan beban maks 3000 kg [3 ton] ckckck....
Padahal kondisi mesin dan sasis standard habis [malah kalo boleh dibilang, memprihatinkan, maklum, boil hardtopnya kan buat cari duit/narik, bukan buat nampang hehehe...],
paling ban diganti yg model pacul (Mud Terrain) yg ukuran 31-33" supaya lebih dapat traksi dan ga mudah "ngebor" tanah/pasir.
Saya tanya mereka, kalo narik Tosari-Bromo PP berapa tuh bensinnya? Mereka jawab paling 1:1 ~ 1:2.. aji gile...., dan kalo lagi towing bisa-bisa 2:0.5 [2 liter buat setengah kilo] untung aja pake premium, coba kalo pertamaxplus..."


"orang indonesia beli mobil gede hanya utk pamer [rata2 ya... tidak semua, no offense]... tapi TIDAK utk dipakai sampai cat baret2 dan kotor2an...
alesan kedua, mereka TIDAK tahu sampai mana truck mereka ada gunanya...
so, ga usah aneh... temen2 saya sesama punya cherokee... diajak jalan2 ke gunung... mana mau... alesan nya, "gile, ntar mobil gue kotor dong?!!"
one time... seorang teman saya bilang, "rom... cherokee elo baret gini, velg nya juga... ntar dijual mana laku?!" -- wtf?!"


"Banyak orang yg pakai SUV mewah dg penggerak 4x4 spt Pajero, TLC Cygnus, VW tourage dll. Tapi mobilnya nggak berani dipakai Soft Off Road dan main2 lumpur.
Memang typical orang Indo agak aneh....beli mobil SUV hanya untuk gengsi...sementara mobilnya disimpan dirumah dan dielus2 aja...kayak piara anjing!"


"Seperti inilah yg saya lihat di Cherokee di kantor.
Rewelnya engga....tapi giliran service/ganti spare parts...
Biaya servis+spare parts rutinnya per tahun bisa dituker ma Yamaha Mio satu tuh..."


"kesimpulan saya cuma satu apakah biaya perawatan,
konsumsi BBM sebanding dengan kenyamanan, keamanan yang didapat,
trus yang gak bisa diukur tentu kepuasan batin..."


"Cherokee: tenaga+torsi hebat [4000 cc 6 cyl], 4x4, bodi kokoh [bumpernya aja dari logam, bukan plastik], model macho+kaku khas jip [full kotak] dan memang aslinya "jeep" sejati, interior thn segituan agak kuno, dan anehnya meskipun exterior-nya besar, interior-nya justru sempit terutama baris kedua, mungkin karena kompartement mesin dan bagasinya kegedean.
Bensin kira2 1:3-5, spek mesin aslinya minta pertaplus [ron 95].
Spare parts susah, kalo sudah acara service/masuk bengkel dan perpanjang pajak...mmmh...siap-siap meres kantong dan ngurut dada aja. Harga mungkin sudah dibawah 100-125jt utk tahun segitu.
Sorry, no offense bro, keliatannya cherokee worthy banget dengan harga second vs. budget tapi itu "semu". Biasanya orang ambil cherokee karena hobby/gengsi, cmiiw."


"CMIIW:
Cherokee di indo ada bbrp macam bro:

1. Thn 94-95 [belom airbag, setir 3 spoke] ada 2 tipe:
a. Limited: 4000cc 6 silnder inline transmisi AT
b. sport: 4000cc 6 silinder inline transmisi MT

2. Thn 96-97 tengah tahun [udah ada airbag kalo engga salah setir 2 spoke], juga ada 2 tipe:
a. Limited: 4000cc 6 silnder inline transmisi AT
b. sport: 4000cc 6 silinder inline transmisi MT
Tahun 94-97 tengah mukanya engga berubah (belom model country)

3. Thn 97akhir ke atas [sering disebut cherokee country], juga ada 2 tipe:
a. limited: 4000cc 6 silinder AT
b. sport: 2500cc 6silinder: nah transmisi kurang jelas ya.....yg pasti sih banyak berkeliaran versi MTnya.

kalo yang model thn 96an itu keluhannya cuma sering banget ganti batere...
kadang2 belom setahun udah ganti lagi. :D
disarankan sih ambil yang tipe limited soalnya paling banyak berkeliaran dan AT [jualnya lebih gampang].
kalo udah lebih dari 10 tahun, kalo bisa sih mending ambil produk lain aja kecuali hobby/fanatik jeep."


"cherokeenya mau jadi 1st car atau 2nd car?
kalau 1st car saya nggak recomen, kecuali anda memang pencinta jeep :)
kalau 2nd car saya bener2 recomend, ni mobil2 kuat tapi juga ringkih :D bingung kan?
kuat dalam arti tenaganya kuat dan cukup siap menghadapi medan yg kasar.
ringkih, kalau perawatannya sembarangan siap2 aja ni mobil ngambek
bensin pertamax? nggak ah, cherokee gue dari beli sampe sekarang pake premium.
udah nyampe bali tuh, tanpa masalah yg berarti hihihi...."


"pernah pake, daily use, th 04 AT. periode 2001 - 2003
rute bogor jakarta, weekend sukabumi bdg [rutin]. rata2 100km/hari.
Konsumsi bbm [premium, spek mesin kompresi rendah, standarnya], kombinasi 1/5-9
perawatan mudah, banyak spesialis, harga part relatif mahal, tapi awet [pake yg ori ya].
tdk pernah mogok, asal ikut saran bengkel [jeep matraman],
makanya bingung, kok dibilang ringkih ya...
pake ke kebon 1 bulan 2 kali ngga masalah, jalan batu2. shock pake bilstein.
tenaga..he..he.. spesialisnya deh.
pernah 190km/h di jagorawi, subuh. akselerasi ngalahin sedan2 ...
boros kanvas rem depan.
alasan diganti, ya krn boros aja.
worth buat mobil ke 2 atau 3, krn masalah fuel consumption saja..."


"untuk 2nd car, ok banget.. kalo harian, ya asal kuat bensinya aja he..he..
kalo ngga salah, di bandung ada yg bisa remapping ecunya, kabarnya bisa hemat 40 persenan.. daerah terusan pasteur, deket gunung batu. pasnya bener2 lupa..sorry.."


"kalo dibilang worth it or ga, cherokee ini bagus... tahan banting dan nyaman sekali.
ga enaknya hanya perawatan parts yg agak mahal 'sedikit'... wajar lah, terutama kanvas rem... waduh, cepet sekali habis.
utk bbm memang agak boros tapi wajar dikelas 4.0L , sesuai dengan powernya...
saya pake yg matic, nah dulu waktu pertama kali pakai... agak kaget,
pada tanjakan lampu merah rem saya lepas jalan sendiri...
bukan gelosor ke belakang... tapi narik kedepan hampir nabrak mobil depan saya...
wah wah... biasanya matic di tanjakan diem... ini malah jalan!
memang gede sekali tenaganya..."


"istri saya senengnya mobil gede. soal spareparts rasanya sama2 saja dengan mobil lain... beda tipis lah, tapi khusus buat sektor ganti oli agak ribet... sama rem, setaun sekali lah ganti kanvas... kalo jarang dipake ya lebih dari setaun.
ini salah satu kelemahan Jeep, CC gede tapi rem nya yg agak2 lemah, harusnya swap sama yg discbrake lebih gede. belum ada budget.
saya liat di BeRes Jeep, banyak diskon-an akhir2 ini... karena banyak kompetitor bengkel umum sudah mulai naik daun... hehehe!
actually istri nyesel punya yg 4.0L , pengen nya yg 4.7L , mantep katanya... hahahaha gila!"


"pada jamannya;
Prado 3378cc 190hp 298Nm
Pajero 3000cc SOHC 210hp 278Nm
Cherokee kalo ga salah 190hp 298Nm"


"actually, mengambil unit ini emang terus terang agak riskan... saya berani bilang, sediakan dana minimal 10-15jt utk servis dan ganti ini dan itu... kecuali kita membeli dari teman yg sudah kita tau kondisinya...
Kelemahan cherokee ada pada sektor umumnya mobil sudah berumur... yaitu rem, radiator, engine mounting, AC, doorlock tidak berfungsi, cat yg burem dll... nah, ini butuh biaya yg tidak sedikit... tapi jika sudah dibangun ulang, Anda mendapatkan mobil tahan banting... tenaga gede dan nyaman melibas hampir semua jenis kondisi jalan...
Soal matic atau manual, saya sih recommend matic... hanya pada unit 2nd, perhatikan gear matic nya, bawa orang yg mengerti mesin... jika dirasa kurang "oke", batalkan... cari yg lain.
Kelemahan-nya: ada pada sektor rem... dengan 4.0/4.7L, dan body yg kekar rem cherokee sangat kecil, disc brake at front dan rear drums... nah, ini harus menjadi perhatian berkala...jangan sampai kanvas rem habis, bahaya.
yg kedua adalah bbm, boros... wajar... ini adalah JEEP, bukan Japan Jeep... hehehe..."


"ane pernah diskusi ama mekanik ttg cherokee 94
emang kuat baik tenaga dan kaki2nya, sebab dia gak pake belt tapi pake spt rantai keteng gitu didalam mesinya jadi kuat gitu.
trus tarikan katanya juga enak, yaaa betul emang enak untuk yg hobby dan kantong agak tebal sedikit, sebab part nya gak mahal tapi awet kata mekanik itu.
ane tertarik dulu sebab macho banget dan gagah."


"bukan mobilnya ga kuat... tapi tergantung daily use nya. misal kita hanya memakai antara rumah dan tempat kerja, masih dalam satu area, nah rasanya akan tidak cocok memakai JEEP. beda dengan yg tinggal di gunung, tempat kerjanya di kota... masih enak. itu maksud saya... kalo soal ga kuat kasih minum itu relatif tiap orang punya pandangan sendiri2.
saya dulu pake cherokee utk kantor dan rumah, padahal jarak dan kondisi jalan mulus... akhirnya mubazir. berbeda dengan misalnya om €lj€p€, perjalanan si om ini bisa dibilang jauh... malah waktunya sama dengan jkt-bandung. tentu XL7 nya sangat nyaman... dibanding mobil kecil..."


"kalo ngga salah tenaga dan torsi cherokee didapat di rpm yg rendah. efeknya, gampang narik beban atau keluar dari obstacle ( kayak diesel, tapi rpm tingginya juga masih ada tenaga). diliat aja skrg, masih banyak banget speed offroader pake mesin cherokee... cmiiw.."


"believe it, saya coba cherokee 4.7L lebih irit dari yg 4.0L ... haha! konyol... "


"mungkin bukan hanya lebih modern ya... tapi juga karena lebih enteng juga... nge gas nya dikit, lebih banyak ditempel... hehehehe! mungkin itu yg menjadi alasan, kenapa umumnya lebih menyarankan ambil yg 4.7 dibanding 4.0"


"biaya perpanjangan STNK taonan cherokee you kena brp juta tuh?"


"hmmm kalo ga salah, sekitar 2,5jt ya... saya lupa. 4.0L sih... hehe!"


"Lebih irit cherokee dan jelas jaauuuuuuhhhhh lebih nyaman wakakakak.....
Cherokee barunya keknya bener tuh bro, kalo di negaranya namany liberty.
Walopun masih rada2 aneh tapi udah lebih boxy lagi bentuknya ya."


"Yang belom pernah bawa Cherokee XJ nyesel deh, jeep yang satu ini mantab banget, on road ok, off road apa lagi, it's a jeep thing you wouldn't understand....."


"gw pernah alami cheroke 96 ecu nya ga tahan air alias kalo nyuci mesin n lupa nutup ato hujan deres bisa kemasukan air trus mati. Setelah diganti ecu seken baiknya di-sealer baru tahan air."


"wah..demen gw ama cherokee '95! dulu sempet pake ke sumut...libas sana sini! klo duduk dibelakang stir, rasanya mantep. suspensi empuk. tenaga berlimpah. tp bete nya ga bisa ngeliat pom bensin nganggur hihihihhi...interior sih masih wajar lah, tp agak sempit ya, pdhal mobil ini utk ukuran bule."


"sya juga heran padahal buat postur tubuh orang bule.. tpi kok sempit gini interiornnya yah?
kepala sya ke platform atas mobil sja kurang lebihi sejengkal hehehe padhal tinggi sya 170cm....
tpi untungnnya ni mobil jadi nda tinggi kya SUV lain, malah terlihat seperti sedan stationwgon yang di tinggi kan, hasilnya pengendalian mobil jadi stabil, aerodinamika lebih baik dan tidak limbung..... enak bwat geber geberan hehehe....
ruang interior habis bwat mesin kli yah?"


"Tul, hampir mentok ke plafon, seru bro. Bisa pura2 kyk fbi2 agent itu ha3x.
Utk gw sih lumayan sempit jg cockpit nya. Apalagi row ke 2, widih.
Kalo aerodinamiknya, kyknya kurang d bro, kotak2 gitu sih. Enak kok nih, suspensi empuk bgt. Kira2 yg mirip dgn ini paling suspensi terrano.
Yoi, mesin nya guede banget 4.0 ltr inline 6...wussshhhhhhhhh...
Gw dulu pk yg manual bro, jd maknyus bgt ke luar kota..."


"bener, pernah dipake masuk ke jln kampung tanah merah basah yg licin dan super ga rata, kita di dlm tinggal enjoy goyangannya aja...klo lobang2 diaspal yg ga terlalu parah digeber aja paling cuma brep brep..."


"klw mau lebih enak lagi di jalan jelek sampai trek xtreme cukup modal kunci2 aja..
buka tu stabilizer depan/blkng, d jamin d jln hancur bakal jauh lebih enak.. bahkan artikulasi suspensi standarnya udah bisa bikin owner TLC ngiri... hehehe.."


"segel [stabillzier] di lepas klw main2 serius aja....
klw light sampe mid offroad apa lgi di aspal sih nda perlu dilepas...
hehehe ntar malah jadi limbung.."


"sya coba kasih beberapa update yg terjadi di XJ indo dri 94-01 setwa sya yah... klw ada yg lebih tahu mohon di koreksi..

94 XJ pertama masuk
4ltr 185hp 295Nm dgn distributor
matic 4 speed dgn overdrive AW4 + transfercase NV 242 SELEC-TRAC® FG 1: 3.55
manual 5 speed NVG 3550 + transfercase NV 231 - COMMAND-TRAC® FG 1:3.02
axle: depan dana 30 blkng crysler 8.25
MID display : jam, compas & suhu.
interior kulit untuk matic, fabric untuk manual

95
booster rem lebih besar masih non ABS
bilah xtrafan lebih banyak

96
ABS
AIRBAG
gadan depan dana30 blkng dana35

97-99
beberapa masih sama dgn model 96
tpi muncul varian transisi, dgn body limited namun mesin country. jok country, sunroof cruisecontrol, dan tampa overdrive sperti country, varian ini yg paling jarang.


97-99
periode country
desain terlihat sedikit berubah, namun kalau di cermati lebih dari 50% yg ada di country beda dgn limited. seperti halnya new xtrial yg sekilas tampak seperti facelift namun sebenernya rubah platform.
perbedaan, meliputi dri
desai body,mulai dri grill hingga detail body.
material sasis yg lebih lentur
pintu blkng kini bermaterial besi (limited menggunakan fiber)
interior kulit, dgn dashbord baru mirip jeep TJ
MID: jam,compas, suhu, konsumsi BBM rata2 & realtime, perkiraan jarak tempuh dgn sisa bbm
suspensi yg di tune ulang, hingga lbih nyaman dan lentur
mesin menggunakan durasi kem lebih tinggi hingga mampu "teriak" lebih tinggi dri limited.
altenator pindah keatas
ECU model baru.
GB tampa overdrive
berbagai penyempurnaan d mesin dan transmisi.
power naik menjadi 190ps & 301Nm

00-01
pengapian distributor less, dgn multi coil.
roofrack mulai dri pilar B
beberapa type ada sunroof
grill chrome.
power ningkat menjadi 197ps

selain itu muncul jg XJ 2.5ltr 125bhp & 198 Nm beberapa menyebutnya XJ classic periode 97-99 (cmiiw)
ada jg yg bulitup XJ diesel bermesin VMmotori 2.5ltr turbo stw gw dbdg ada 2 yg suka jalan2 warna putih dan gold, semuanya model country."


"di jeep, A/T jarang rusak.. termasuk badak punya. tapi bukan maksudnya dipake asal2an kuat... tetep ada perawatan. makanya saya ambil cherokee yg A/T karena ga takut kalah sama M/T.
jalanan nanjak aja [jl.siliwangi bandung] masuk D masih jalan kalo lepas rem... edan!"


"hehehe iya om, transmisi AW4 XJ memang badak bngt tuh.. bahkan di modifikasi jadi triptonik juga bisa...kuncinya di oli, jgn sampai kurang atau kotor sampe mampet aja, bisa2 rontok tuh..."


"cherokee gue pernah keabisan oli karena selang ke oil cooler putus sekitar 3 th yg lalu .....
gue pikir tamat deh riwayat ni transmisi.....
dgn bantuan temen, tu crq di seret ke bengkel trus di benerin selangnya, abis tanpa ganti kanvas matic ya... langsung di isi oli lagi aja... trus coba dijalanin....
ajaib.... masih tetep bisa dipake.... udah di bawa Jkt-Bali segala nggak ada masalah yg berarti sampe hari ini"


"sebenernya limited 2.5 dan country 4.0 itu lebih irit mana ya? Soalnya rencana mau di pake buat daily car, di jakarta n macet pula?"


"blm tentu jg sih.
power to weight balance makin baik, maka effort mesin untuk ngegerakin mobil makin kecil, FC juga makin irit...
contohnya gini deh, klw om mw nyusul mobil depan pke 2.5ltr gasnya mungkin 50% klw 4ltr sih hanya 25% jg gelinding... dan bener jrng bngt pemkaian luar kota sampe gas pol pke XJ 4ltr kec klw memang niat gas pol2an... klw dalkot di siasatin biar irit gasnya jgn lebih dri 10%.. d toel pedalnya juga maju ni mobil..
selain itu yg 2.5ltr kompresinya lebih tinggi dan klw nda pke pertamax biasanya ngelitik... sparepart jg tidak sbnyk dan murah yang 4ltr.

tpi ya terserah om, enaknya yg 2.5ltr keluaran 2000 sih om masih seger brngnya dan langka pula jadi bisa bwat koleksi.. tpi klw sama country, bukan beda mesin body dan interior aja om... klw di data bedanya country dan limited itu lebih dari 50% platformnya aja beda soalnya... makanya handlingnya jauh beda... dan konon di indo hanya terdapat 200 unit..

ini spek XJ country 4ltr
Engine : 4.0-LITER, OHV, 12-VALVE, SMPI I-6
Type & Description : In-line, liquid-cooled
Displacement : 242 in3 (3956 cm3)
Bore x Stroke : 3.88 x 3.41 (98.4 x 86.7)
Valve System : OHV, 12 valves, flat followers, hydraulic lifters
Fuel Injection : Sequential, multi-port, electronic
Construction : Cast iron block & head
Compression Ratio : 8.8:1
Power (SAE Net) : 190 bhp @ 4600 rpm (131 kW @ 4400 rpm)
47.9 bhp/liter (32.7 kW/liter)
Torque (SAE Net) : 225 lb.-ft. (301 N•m) @ 3000 rpm
Max. Engine Speed : 5300 rpm
Oil Capacity : 6 qt. (5.7 L)
Coolant Capacity : 12 qt. 11.4 L)
Emission Controls : 3-way catalytic converters, heated oxygen sensors,
engine modifications(a)
Max. Gross Trailer Weight Std : 2000 lbs. (900 kg)
Optional : 5000 lbs. (2250 Kg) - must have auto. trans.
Estimated EPA Fuel Economy (MPG City/Hwy) :
2WD: 18/24 - man. trans.; 16/22 - auto. trans.
4WD: 17/22 - man. trans.; 16/21 - auto. trans.

ini 2.5ltr
ENGINE: 2.5-LITER, OHV, 8-VALVE, SMPI I-4
Type & Description : In-line, liquid-cooled
Displacement : 150 in3 (2464 cm3)
Bore x Stroke : 3.88 x 3.19 (98.4 x 81)
Valve System : OHV, 8 valves, flat followers, hydraulic lifters
Fuel Injection : Sequential, multi-port, electronic
Construction : Cast iron block & head
Compression Ratio : 9.2:1
Power (SAE Net) : 125 bhp @ 5400 rpm (87 kW @ 5200 rpm)
50.6 bhp/liter (36.25 kW/liter)
Torque (SAE Net) : 150 lb.-ft. @ 3250 rpm (198 N•m @ 3450 rpm)
Max. Engine Speed : 5600 rpm
Oil Capacity : 4 qt. (3.8 L)
Coolant Capacity : 10 qt. (9.5 L)
Emission Controls : 3-way catalytic converter, heated oxygen sensors,
engine modifications(a)Max. Gross Trailer Weight : 2000 lbs. (3150 kg)
Estimated EPA Fuel Economy (MPG City/Hwy) :
2WD: 21/25 - man. trans., 18/22 - auto. trans.;
4WD: 18/20 - manual transmission

klw mw yg irit hunting aja XJ country turbo diesel d bdg ada 1 warna gold... hehehe.. kenceng dan irit ini sih... sparepart aja yg susah.... mesinya VMotori..."


"berarti yang 4.0 L itu premium aja ok dong ya...tp om, pas stationer or langsamnya, apa 4.O msh lebih irit? Krn macet dalkot itu kan banyak langsamnya..trus yang 4.0 ini better manual or AT?"


"klw lgi idle sih, memang yg 4ltr minumnya pasti lebih bnyk dri yg 2.5ltr. tpi tidak jauh beda kok. klw mw yg irit saat idle sih ambil diesel ajah.. hehehe
selain itu di range harga segtu alasan mending ambil country 4ltr. bukan alasan mesin sja om, seperti yg sudah berkali2 di utarakan, bnyk skali improvisasi dan perbedaan antara limited dgn country... apa lagi country tahun 2000 ada yg ada sunroofnya tuh..

klw country hanya ada yg matic, tpi bisa di oprek jd triptonik.

klw yg manual itu cherokee sport, interiornya jg pling basic jok fabric dan sliding masih manual, tampa powerwindow dan spion elektrik dll.
ini juga barangnya jarang.... gosipnya habis beberapa thun lalu di buru trus di obrak-abrik bwat speed hehehe..

soal AT atw MT ini kembali ke selera aja om, klw bnyk di tempat macet ya jelas matic lebih enak, klw seneng ngegas yang "raw" dan bebas mending MT..
tpi ATnya XJ itu enak kok om... klw country yg sya pkai GB maticnya lebih responsif dri GBnya BMW 318i E46 juga... "


"makin menciut nih pilihan dan huntingnya, yaitu 4.0 L country ya..hehe..,
sukur2 dapet thn 2000 up sesuai budgetnya..."


Ini cukup menggoda:

http://www.mallmobil.com/search.html?key=cherokee&key2=country&key3=
http://www.mallmobil.com/mobil/112269
http://www.mallmobil.com/mobil/111270

Forum diskusi:
http://www.serayamotor.com/diskusi/

Salah satu contoh yg baik:

http://sejetujuh.multiply.com/photos/album/1/jeep_cherokee_4.0_L_limited_1996

1 comment: