Tuesday, June 29, 2010

Kelas Pagi

"Awalnya ada beberapa teman yang minta diajarkan fotografi. Saya menyanggupi karena merasa pendidikan itu bukan suatu hal yang patut dikomersilkan."

-- Antonius Widya Ismael a.k.a. Anton Ismael.

Pemikiran itu lah yang mendasari seorang Anton Ismael untuk membuka Kelas Pagi: Pendidikan Fotografi Gratis untuk Rakyat.
Namanya juga Kelas Pagi, diadakannya juga pagi-pagi: pukul 07.00-11.00.
Kelas ini dibuka di Jakarta dan Jogja. Untuk yang di Jakarta, bertempat di Cipete Selatan. Kalo nggak salah, studionya bernama "Third Eye" [soalnya, kalo nggak salah juga, dulu gw menginterview Marcell Chandrawinata pas doi lagi pemotretan untuk promo sampo Clear di studio itu].

Siapa pun boleh ikut, karena Kelas Pagi adalah kelas rakyat. Tanpa syarat dan baju seragam, tanpa uang pangkal ato uang gedung. Kelas ini dimulai sejak 2006 [sampe sekarang]. Pendaftaran untuk angkatan berikutnya adalah pertengahan 2011. Materi yang diajarkan ternyata bukan cuma hal-hal teknis, tapi juga yang non-teknis!

Pengen buanget gw ikutan... tapi nggak punya kamera. Belom. Sekarang pake mata aja.
Ngomong2 soal kamera, menurut gw, fotografer yang ciamik adalah yang bisa menghasilkan foto bagus, APA PUN jenis kameranya. Pokoknya, selama punya visual sense [kepekaan visual] yang bagus dan "kenal" sama kamera yang dipake, pasti akan ada "nyawa" pada hasil fotonya. Jangan lupa, kekurangan adalah kelebihan [gw ngomongin kamera, lho], dan kelebihan bisa jadi kekurangan. Imperfection is perfect. So, let's just explore!

;)


Jangan bingung2 mau ngasih gue hadiah apa.
Pilih aja salah satu dari benda ini:

Leica M8.
Spirit-nya Leica banget! Tetep kebawa sampe sekarang. MANTAFFF!

Pentax K-1000.
Glegkh... GANTENG!! [Baca: vintage dan saingan ama Leica].

Ini kamera Lomo. Namanya "Seagull".
Sebenernya lebih kece yang warna merah. Gue mau yang meraaaah...

Leica 3f. Vintage parahhhh... T___T
MAUUUU...

 Ini juga Lomo. Namanya "LC-A".

2 comments:

  1. jangan lupa hega,fotografer yang ciamik adalah fotografer yang bisa bercerita melalui karyanya :)

    ReplyDelete
  2. dan salah satu kriteria "foto bagus" adalah yg bisa bercerita ato bernyawa... ;)

    ReplyDelete