Thursday, September 23, 2010

The History of An Eyegasmic Beauty

VW Karmann Ghia [desain pertama kali dikenal dengan Type 14] adalah salah satu produk mobil dua pintu yang diproduksi oleh Volkswagen dengan model Coupe dan Convertible. Didesain secara khusus oleh sebuah perusahaan karoseri asal Italia yang bernama Carrozerria Ghia, milik Giacinto Ghia, dan pembuatan body mobil dilakukan dengan tangan [Hand Built Bodywork] oleh perusahaan Jerman yang bernama Karmann, milik Wilhelm Karmann.

Kombinasi tersebut sangat sukses untuk Volkswagen, hingga segera diproduksi massal dua kali lipatnya sejak pertama kali dikenalkan kepada publik pada saat itu. VW Karmann Ghia Type 14 adalah mobil impor paling banyak yang masuk ke Amerika dalam rentang waktu tersebut. Seorang perekayasa industri dari Amerika yang bernama Walter Darwin menyatakan bahwa VW Karmann Ghia Type 14 adalah salah satu Desain Produk terindah di dunia [World Most Beautifully Designed Products].

Volkswagen memperkenalkan varian berikutnya pada tahun 1961 yang disebut VW Karmann Ghia Type 34. Lebih dari 445.000 VW Karmann Ghia telah diproduksi di Jerman selama rentang waktu tersebut [belum termasuk variant Type 34] dan Karmann Brazil pernah memproduksi 41.600 mobil VW Karmann Ghia untuk pasaran Amerika Selatan antara tahun 1962 sampai tahun 1975.

Di Indonesia sendiri, VW Karmann Ghia sempat masuk walaupun dengan jumlah yang sangat sedikit. Konon kabarnya hanya ada sekitar 30 sampai 40 unit yang pernah ada di Indonesia, termasuk salah satunya pernah dimiliki oleh Presiden RI pertama Ir. Soekarno. Sehingga bisa disimpulkan bahwa siapa pun yang memiliki VW Karmann Ghia di Indonesia adalah orang-orang yang beruntung karena pernah memiliki salah satu dari daftar mobil-mobil terbaik di dunia yang pernah ada.



Gue pertama kali ngeliat dan ketemu langsung pas Bandung Air Show hari ini [Kamis, 23 Sept 2010] di Bandara Husein Sastranagara, terus LANGSUNG JATUH CINTA PADA PANDANGAN PERTAMA... Yang tadi gue liat sih PERSIS SAMA kayak di foto itu. Warna broken white.

KYAAAAAAAAAAAAAAAAAA... >.<

Si Cantik ini diparkir berjajar dengan beberapa VW Safari di depan salah satu hanggar. Awalnya gue nggak liat, karena excited sama helikopter VVIP Collibri dari Skuadron 7 yang super seksi. Tapi begitu gue nengok ke depan hanggar, terjadilah adegan pilem India: Mata gue memancarkan bintang-bintang, kepala pun dimiringkan pelan-pelan, dan mulut menganga, "Aaaaaaaaaahhhhhh... apa ituuuuu?", lalu dengan setengah berlari, gue samperin Si Cantik. Gue amati baik-baik, gue perhatiin detilnya, gue raba, gue hisap setengah jiwanya, dan gue masukin setengah jiwa gue ke dia.

Hahahahaa... Barulah saat itu gue tau kalo dia adalah VW Karmann Ghia [logonya ada di body belakang]. Dan setelah gue baca sejarahnya, makin melongo deh gue!

T____T

No comments:

Post a Comment